Pages

Kamis, 09 Juni 2011

3G dan Contohnya

Mungkin, isilah 3G sudah tak asing lagi didengar di kalangan remaja seperti kita ini. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas tentang 3G. Bagaimana teknologi 3G yang kita kenal kini bisa lahir dan menjadi demikian popular? Mari kita simak sedikit bagaimana aplikasi ini sudah berevolusi menjadi penggerak komunitas baru.

DEFINISI
3G (dari bahasa Inggris: third-generation technology) merupakan sebuah standar yang telah ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU) yang diadopsi dari IMT-2000 untuk diaplikasikan pada jaringan telepon selular (handphone).
3G adalah generasi ketiga standar teknologi ponsel. Layanan yang khas yang berhubungan dengan 3G termasuk data nirkabel suara teleponi nirkabel dan broadband, semua dalam lingkungan mobile. Namun, dengan kemampuan untuk tinggi kecepatan transfer data nirkabel, 3G telah meningkatkan atau dimungkinkan segudang aplikasi tambahan seperti mobile video, mobile e-commerce aman, layanan berbasis lokasi, game mobile dan audio on demand. Sebagai contoh, menggunakan 2.5G (atau versi yang sedikit lebih baik dari nirkabel generasi kedua) lagu tiga menit membutuhkan waktu antara enam dan sembilan menit untuk men-download. Dengan menggunakan 3G, dapat men-download dalam 11 sampai 90 detik.
International Telecommunication Union (ITU) pada tahun 1999 telah mengeluarkan standar yang dikenal sebagai IMT-2000 (International Mobile Telecommunications-2000) yang meliputi GSM, EDGE,UMTS, CDMA, DECT dan WiMAX, dimana 3G berada di bawah standar IMT-2000 tersebut. Secara umum, ITU, sebagaimana dikutip oleh FCC mendefinisikan 3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses :
 Sebesar 128 Kbps untuk kondisi bergerak cepat atau menggunakan kendaraan bermotor.
 Sebesar 384 Kbps untuk kondisi bergerak.
 Paling sedikit sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik atau pengguna stasioner.
 Penggunaan General Packet Radio Service (GPRS) mencapai 114 Kbps.
3G ini biasanya digunakan untuk mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel versi ke-tiga. Melalui 3G, pengguna telepon selular dapat memiliki akses cepat ke internet dengan bandwidth sampai 384 kilobit setiap detik ketika alat tersebut berada pada kondisi diam atau bergerak secepat pejalan kaki.
Akses yang cepat atau mungkin sangat cepat ini merupakan andalan dari 3G yang tentunya 3G ini mampu memberikan fasilitas yang beragam pada pengguna seperti menonton video secara langsung dari internet atau berbicara dengan orang lain menggunakan video.
Pedahulu sebelum 3G yaitu GSM dan GPRS, tetapi saat ini hal itu sudah dianggap jadul sejak muncul 3G. Kabarnya sih, beberapa perusahaan seluler dunia akan menjadikan 3G sebagai standar baru jaringan nirkabel yang beredar di pasaran ataupun negara berkembang.

SEJARAH
Pada dasarnya perkembangan teknologi komunikasi ini disebabkan oleh keinginan untuk selalu memperbaiki apa yang telah ada menjadi sesuatu yang bermanfaat serta dapat membantu dalam memudahkan pekerjaan sehari - hari, kemampuan dan efisiensi dari teknologi generasi sebelumnya. Perkembangan teknologi nirkabel ini dapat dirangkum :
1. Generasi pertama: masih analog yang kecepatannya rendah (low-speed), dan cukup untuk suara. Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System). Dimulai pada awal 1980-an sebagai bagian komersil dari AMPS. Menggunakan format FDMA (Frequency Division Multiple Access) yang membawa suara analog sebesar 800 MHz pita frekuensi.
2. Generasi kedua: sudah digital denagn kecepatan rendah - menengah. Contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT. Berkembang di awal 1990-an saat operator seluler mengeluarkan 2 macam standar suara digital,GSM dan CDMA, dimana GSM menggunakan sistem TDMA (Time Division Multiple Access) yang mampu mengirimkan panggilan sampai 8 saluran di pita 900 dan 1800 MHz, sedangkan CDMA sendiri adalah singkatan dari (Code Division Multiple Access) yang mampu mengirimkan sinyal panggilan sampai 16 saluran di pita frekuensi 800 MHz.
3. Generasi ketiga: sudah digital dengan kecepatan tinggi (high-speed), untuk pita lebar (broadband). Contoh: W-CDMA (atau dikenal juga dengan UMTS) dan CDMA2000 1xEV-DO. 3G ini merupakan terobosan dalam pengiriman paket data yang memungkinkan berbagai aplikasi jaringan diterapkan. Dengan kata lain, 3G menghadirkan sebuah perubahan evolusioner dalam kecepatan pemindahan data.

KEMAJUAN 3G

3G ke 3,5G
Secara evolusioner teknologi 3G telah dikembangkan menjadi 3.5G melalui peningkatan kecepatan transmisi data dengan teknologi berbasis HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access).
3G ke 4G
Belakangan ini industri nirkabel mulai mengembangkan teknologi 4G, meskipun sebenarnya teknologi 4G ini seperti Long Term Evolution (LTE) hanya merupakan evolusi dari teknologi 3GPP dan Ultra Mobile Broadband (UMB) berasal dari 3GPP2, sehingga sulit untuk membedakan dengan jelas teknologi 3G dan 4 G. Salah satu teknologi 4G yaitu WiMax mobile standard telah diterima oleh ITU untuk ditambahkan pada IMT-2000, sehingga teknologi baru ini masih digolongkan ke dalam keluarga 3G. International Telecommunication Union (ITU) sedang mempelajari kemampuan mobile broadband yang disebut IMT-advanced yang disebut teknologi generasi keempat (4G).

PENGEMBANGAN RESMI 3G DI DUNIA

Saat ini ada hampir 100 juta pelanggan nirkabel 3G di seluruh dunia. AS, dengan lebih dari 200 juta pelanggan mobile, menyeberangi tanda 10% untuk 3G penetrasi untuk pertama kalinya pada tahun 2006, sementara Jepang tinggal di memimpin dengan lebih dari 50% dari pelanggan dengan menggunakan ponsel 3G. Seperti mempercepat adopsi 3G, operator 3G, manufaktur handset, pembuat peralatan infrastruktur, semikonduktor OEM, dan penyedia aplikasi 3G berdiri untuk mendapatkan. Wireless Internet Service Provider (WISP's), pembawa tanpa sumber disedekahkan atau keuangan untuk meng-upgrade jaringan mereka, dan perusahaan yang menyediakan jasa yang standar di bawah 3G (misalnya, akses email), akan berada dalam posisi kalah.
Sementara pasar 3G mungkin pasti mendapatkan traksi, industri tersebut cepat mendekati persimpangan jalan, di mana kebutuhan segmen pasar yang berbeda dapat bervariasi secara substansial, dan potensi manfaat (dan kerugian) untuk vendor yang berbeda dan teknologi komunikasi mobile operator mungkin substansial.


Driver Adopsi 3G
Permintaan konsumen untuk lebih kuat layanan data nirkabel: Penurunan pendapatan suara telah mendorong operator untuk mempertimbangkan kesempatan menghasilkan pendapatan alternatif, dan mereka merespon dengan menawarkan lebih banyak layanan data yang dimungkinkan oleh teknologi 3G. Mobile video, download musik, e-mail, pesan, layanan berbasis lokasi dan surfing internet hanya contoh dari banyak aplikasi pengguna baru akan memiliki akses ke.
Setiap kali pelanggan mobile menggunakan salah satu aplikasi ini, operator seluler yang biasanya mendapatkan potongan biaya. Sebagai contoh, di pasar Japanuntapped untuk layanan data yang akan lebih lanjut disadap dengan peningkatan 3G adop - dimana terdapat 50% penetrasi 3G - hampir 30% dari pendapatan rata-rata per pengguna (ARPU) yang dihasilkan dari layanan data, dengan sisa 70% dari suara. Bandingkan bahwa untuk AS - dengan sekitar 10% penetrasi 3G - yang rata-rata memiliki 12% ARPU layanan data. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada sebuah tion.
Upgrade investasi infrastruktur: Jaringan cepat 3G dikerahkan, tingkat adopsi lebih cepat 3G akan naik. Upgrade jaringan warisan untuk mengakomodasi teknologi 3G sangat mahal. Di Amerika Serikat saja, Verizon Wireless, Sprint Nextel (S) dan Cingular telah menghabiskan $ 10 miliar pada gabungan membangun jaringan 3G mereka. Pembawa yang dapat menghabiskan uang semacam ini akan mendapatkan keuntungan kompetitif atas mereka yang tidak bisa.
Biaya lisensi 3G spektrum: Spectrum adalah frekuensi tertentu yang digunakan oleh operator untuk mengirimkan data secara nirkabel. Untuk memiliki dan menjalankan jaringan proprietary, sebuah operator nirkabel telah untuk menyewa frekuensi dari pemerintah. Baru-baru ini, operator mobile harus membayar sewa fenomenal dalam lelang untuk lisensi spektrum 3G. biaya lisensi perolehan tinggi adalah membatasi jumlah pembawa yang dapat berpartisipasi dalam 3G.
Jatuh tempo Teknologi: jatuh tempo (atau ketidakmatangan) dari teknologi yang mendasari 3G merupakan faktor penting yang pada akhirnya menentukan kapan dan bagaimana, belum lagi jika, teknologi yang diadopsi secara luas. Kunci untuk investor, oleh karena itu, adalah untuk memahami dan menghargai kompleksitas dari setiap teknologi 3G dan kemajuan bahwa berbagai perusahaan yang membuat arah adopsi mainstream. Baik itu W-CDMA, UMTS, HSPA, atau EV-DO - pembawa yang berbeda penggelaran teknologi yang berbeda pada berbagai tahap kematangan. Memahami nuansa teknologi akan membantu investor memprediksi pemenang 3G.
Pertumbuhan ponsel di Cina dan India: basis mobile India sekitar 127 juta, yang berarti bahwa hanya sekitar 13% dari penduduk India saat ini menggunakan ponsel. pasar internasional, seperti Cina dan India, sangat dapat mendorong adopsi layanan 3G sebagai daerah ini terus melihat tingkat pertumbuhan tertinggi dalam adopsi mobile.

Siapa Stand untuk Keuntungan dari Adopsi 3G???

Ericsson (ERIC), Alcatel-Lucent (ALU), Nokia (NOK), dan Siemens AG (SI) adalah produsen infrastruktur jaringan yang dikombinasikan, mendominasi lebih dari 70% dari pasar tulang punggung peralatan mobile di seluruh dunia. Sebagai jaringan 3G dikerahkan dan diperluas, sehingga akan permintaan untuk produk mereka.

AT & T (T), Sprint Nextel (S), USA T-mobile, Hutchison Whampoa Ltd, dan Verizon Communications (VZ) adalah jaringan operator yang berkembang jaringan dari generasi kedua dari teknologi ke teknologi generasi ketiga, bisa melihat penggunaan jaringan ( dan karenanya, pendapatan) meroket dengan adopsi 3G dipercepat. Sekitar 210 operator seluler di seluruh dunia telah baik dikerahkan 3G atau akan melakukannya dengan sangat lama. Pasar ini penuh dengan pemain, yang bervariasi secara luas di seluruh dunia.
Samsung dan Motorola (MOT) adalah produsen handset mobile yang akan melihat peningkatan permintaan konsumen membeli handset 3G-compliant dan aksesoris.Kebanyakan pengguna akan diminta untuk meng-upgrade ponsel mereka saat mobile jika mereka ingin mengambil keuntungan dari layanan data 3G dapat menawarkan. ponsel 3G, sebagai akibat dari peningkatan kemampuan mereka, lebih mahal daripada para pendahulu mereka. biaya telepon lebih tinggi memberikan OEM merupakan kesempatan pendapatan tambahan.
Broadcom (BRCM) dan QUALCOMM (QCOM) adalah semikonduktor OEM chipset produsen yang 3G-compliant. Permintaan produk mereka akan meningkat dengan meningkatnya penetrasi handset 3G.
Yahoo! (yhoo) dan Apple (AAPL) adalah aplikasi 3G mitra yang memainkan peran integral dalam rantai nilai layanan 3G, karena mereka bermitra dengan operator untuk menawarkan konten (trailer film yaitu) dan platform pengiriman konten (iTunes toko musik) untuk mengakhiri pengguna. Electronic Arts (ERTS), yang menjual game mobile di pasar 38 juta orang game mobile, bisa manfaat dengan permintaan pelanggan meningkat karena kecepatan yang lebih tinggi game diizinkan oleh 3G.
Konvergensi hiburan, telekomunikasi, perangkat lunak, dan layanan data adalah semua terjadi pada perangkat mobile dan berbagai pemangku kepentingan di masing-masing ekosistem berdiri untuk mendapatkan.

Siapa Stand Menurunkan dari 3G Adopsi???

EarthLink (ELNK) adalah penyedia layanan internet nirkabel (WISP) yang beroperasi hotspot. perusahaan tersebut bisa melihat penurunan permintaan jasa mereka jika diaktifkan 3G EV-DO, teknologi pengganti untuk akses internet, terus melihat adopsi dipercepat.
Research in Motion (RIMM) adalah penyedia layanan berbasis 2G yang mungkin tidak berhasil membuat transisi ke 3G dan menjaga model bisnis mereka dalam bijaksana.RIMM, pembuat Blackberry layanan email populer bisa menjadi kurang berharga jika semua perangkat 3G dengan cepat dapat mengakses email melalui Internet (yang sebelumnya tidak terjadi). Catatan: Blackberry telah memasukkan teknologi 3g secepat atau bahkan lebih cepat dari pembuat handset saingan. Mereka sebenarnya merupakan pemimpin dalam menyediakan layanan 3G dan pra data 4G bagi masyarakat bisnis.
Di Indonesia sendiri, 3G hadi lebih dari 5 tahun yaitu sejak diluncurkan oleh operator telepon seluler pada tahun 2006. Apa yang telah terjadi selama 5 tahun tersebut tentunya menarik untuk dievaluasi, baik dari perspektif manajerial maupun dari perspektif konsumen, termasuk melihat dampaknya terhadap kinerja operator dan nilai tambahnya bagi pelanggan.
Banyak pihak yang berharap penerapan teknologi 3G akan berdampak positif terhadap operator seluler di Indonesia, termasuk meningkatkan pendapatan rata-rata per-pelanggan (ARPU). Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2003 kecenderungan penurunan ARPU dialami semua operator seluler di Indonesia. Meskipun ada pengaruh pertumbuhan jumlah pelanggan yang yang terlalu pesat dalam penurunan ARPU tersebut, namun fenomena ini tetap menimbulkan kekhawatiran para pihak yang terkait. Pembukaan tender 3G oleh pemerintah pada tahun 2003 merupakan antisipasi atas permasalahan tersebut. Teknologi 3G dengan segala kemutakhirannya memberi peluang kepada operator seluler untuk berkreasi dan berinovasi menciptakan aplikasi dan layanan baru yang bisa meningkatkan pendapatan mereka, terutama pendapatan yang berasal dari layanan non-voice yang selama ini kontribusinya terhadap total pendapatan relatif masih kecil.
Operator seluler sangat optimis dengan teknologi 3G, hal tersebut tergambar dengan keberanian mereka menanamkan investasi dalam jumlah yang sangat besar pada teknologi ini, diantaranya investasi untuk memperoleh lisensi dari pemerintah, investasi pada jaringan, dan penyediaan konten. Semua itu dilakukan dengan perhitungan yang cermat serta persiapan yang matang. Hasilnya, selama 5 tahun terakhir pelanggan seluler di Indonesia telah bisa menikmati berbagai aplikasi dan layanan berbasis teknologi 3G. Diantaranya internet berkecepatan tinggi, video call, mobile TV, dan lain-lain. Jangkauan layanan 3G pun juga semakin luas dari waktu ke waktu.
Dari sisi pasar, peluncuran layanan 3G berdampak tidak langsung terhadap kenaikan jumlah pelanggan. Pada tahun 2006 jumlah penambahan pelanggan baru (net addition) operator 3G rata-rata mencapai diatas 25 persen per-tahun. Bahkan salah satu operator dominan berhasil mencapai peningkatan sekitar 40 persen dibanding tahun sebelumnya. Namun jika dianalisis lebih jauh, kenaikan tersebut lebih disebabkan oleh perang tarif yang sedikit sekali kaitannya dengan layanan 3G. Hal ini karena layanan 3G lebih ditujukan pada pelanggan existingyang diharapkan menambah pengeluaran seluler mereka dengan mengakses berbagai aplikasi dan layanan baru yang berbasis teknologi 3G. Selain itu tingginya churn rate turut membuat angka tingkat pertumbuhan tersebut menjadi bias. Masih bergantung pada Voice dan SMS
Hal yang menarik adalah, kehadiran layanan 3G ternyata masih belum mengubah peta pendapatan operator seluler secara signifikan. Meskipun demikian, arah menuju perbaikan telah ditunjukkan. Pada tahun 2003 sampai 2005, kontribusi pendapatan operator 3G dari voice rata-rata berkisar antara 86 – 78 persen. Setelah layanan 3G diluncurkan, kontribusi tersebut turun untuk tahun 2006 sampai semester I 2008 berkisar antara 77 – 72 persen. Hal ini cukup menggembirakan karena menunjukkan semakin berkurangnya ketergantungan operator terhadap layanan voice.
Sementara untuk kontribusi layanan non-voice rata-rata terjadi peningkatan dua kali lipat selama lima tahun terakhir, yaitu dari 14 persen pada tahun 2003 menjadi 29 persen pada semester I 2008. Namun yang harus dicatat, sebagian besar (lebih dari 70 persen) pendapatan non-voice ini masih disumbang oleh layanan SMS yang notabene tidak membutuhkan teknologi secanggih 3G. Hal ini tentunya tidak sejalan dengan harapan bahwa teknologi 3G dapat membantu operator seluler meningkatkan kontribusi layanan non-voice (diluar SMS) untuk mendongkrak ARPU.
Hal lain yang perlu digarisbawahi, meskipun secara nominal pendapatan operator mengalami peningkatan setelah layanan 3G diluncurkan, namun peningkatan tersebut masih belum memadai bila dibandingkan dengan nilai imbal balik investasi yang diharapkan. Sebagai gambaran, untuk membayar lisensi kepada pemerintah selama 10 tahun, operator 3G mengeluarkan dana antara Rp200 – 500 miliar. Sedangkan untuk membangun jaringan 3G dan infrastrukturnya, sekitar Rp 1 triliun telah dikeluarkan tiap operator 3G. Belum lagi biaya penyediaan konten dan setup berbagai aplikasi baru.
Hal ini harus dipikirkan mengingat meskipun lisensi teknologi 3G ini berlangsung 10 tahun, namun tidak menutup kemungkinan akan muncul teknologi baru (4G) yang harus diadopsi sebelum lisensi tersebut berakhir. Ini berarti investasi baru harus dikeluarkan dan investasi lama tutup buku.
Penerimaan Konsumen terhadap Layanan 3G
Penjelasan atas faktor yang mempengaruhi kurang cepatnya tingkat pertumbuhan pendapatan dari layanan non-voice berbasis teknologi 3G bisa bermacam-macam, namun satu hal yang patut dilihat lebih mendalam adalah mengenai penerimaan konsumen terhadap teknologi baru ini. Dalam hal ini pengambil keputusan, baik dari pemerintah maupun dari industri telekomunikasi, melupakan sebuah pertanyaan paling mendasar: Apakah teknologi 3G relevan dengan kebutuhan konsumen Indonesia? Jawaban atas pertanyaan ini seharusnya diselidiki terlebih dahulu, mengingat penerimaan pelanggan (konsumen) sangat penting dalam rantai bisnis di industri yang sarat teknologi seperti ini.
Usaha untuk menyelidiki penerimaan konsumen memang sudah dilakukan, namun lingkupnya sangat kecil dan hasilnya bahkan diabaikan oleh pengambil keputusan. Penyebabnya mungkin adalah optimisme yang berlebihan terhadap teknologi 3G ini. Indikasinya, para pengambil keputusan begitu yakin bahwa kebutuhan konsumen akan muncul secara otomatis setelah infrastruktur siap dan layanan 3G diluncurkan. Pada kenyataannya hal tersebut tidak terjadi dan proses penerimaan konsumen terhadap sebuah teknologi baru perlu dimengerti karena faktor yang mempengaruhinya unik untuk tiap teknologi.
Waktu 5 tahun memang masih terlalu singkat untuk melakukan sebuah evaluasi, namun tidak ada salahnya hal ini dilakukan untuk merekam gejala-gejala yang bisa mempengaruhi hasil akhir penerapan teknologi 3G di Indonesia. Terutama untuk memastikan investasi triliunan rupiah yang telah dikeluarkan dapat segera kembali secepatnya, sebelum teknologi yang lebih baru datang.

TEKNOLOGI 3G
Teknologi 3G terbagi menjadi GSM dan CDMA. Teknologi 3G sering disebut dengan Mobile broadband karena keunggulannya sebagai modem untuk internet yang dapat dibawa ke manapun dan kapanpun.
Keberhasilan layanan 3 G di Eropa dan Jepang ini disebabkan oleh faktor:
1. Dukungan pemerintah.
Pemerintah Jepang tidak mengenakan biaya di muka (upfront fee) atas penggunaan lisensi spektrum 3G atas operator-operator di Jepang (ada tiga operator: NTT Docomo, KDDI dan Vodafone).
Sedangkan pemerintah Korea Selatan, walau pun mengenakan biaya di muka, memberikan insentif dan bantuan dalam pengembangan nirkabel pita lebar (Korea Selatan adalah negara yang menggunakan Cisco Gigabit Switch Router terbanyak di dunia) sebagai bagian dalam strategi pengembangan infrastruktur.
2. Kultur masyarakatnya.
Layanan video call, yang diramal menjadi killer application tidak terlalu banyak digunakan di kedua negara tersebut. Namun, layanan seperti download music dan akses Internet sangat digemari. Operator seperti NTT Docomo (Jepang) memberikan layanan Chaku Uta untuk download music. Sedangkan di Korea, layanan web presence seperti Cyworld yang diberikan oleh SK Tel, sangat digemari. Dengan layanan ini, pelanggan bisa mengambil foto dari handset dan langsung memuatnya ke web portal miliknya di Cyworld. Layanan ini kemudian ditiru oleh Flickr dengan handset N73.
3. Keragaman layanan konten. Docomo dan SKTel tidak menggunakan WAP standar sebagai layanan konten nya. Docomo mengembangkan aplikasi browser yang disebut iMode, sedangkan SKTel mempunyai June dan Nate.
Berbeda dengan negara-negara diatas, hal-hal berikut inilah yang menjadi penyebab rendahnya penerimaan konsumen di Indonesia :
1. Konsumen mempersepsikan 3G sebagai layanan yang mahal (pada kenyataannya tarif layanan berbasis 3G di Indonesia relatif mahal dibandingkan layanan non-3G), karena itu persepsi mereka terhadap kemanfaatan (perceived usefulness) dari teknologi 3G menjadi negatif.
2. Sebagian besar pengguna ponsel di Indonesia terbiasa hanya menggunakan fitur dan layanan dasar. Sehingga, kehadiran layanan 3G yang digembar-gemborkan canggih dansophisticated memberikan kesan yang menjerumuskan karena pengguna ponsel mempersepsikan 3G sebagai teknologi tingkat tinggi yang sulit untuk dikuasai.
3. Dengan kata lain mereka meyakini bahwa 3G itu “ribet”, sehingga persepsi terhadap kemudahan penggunaan (perceived ease of use) atas layanan 3G menjadi negatif. Faktor kemanfaatan dan kemudahan penggunaan merupakan dua kunci utama yang menciptakan keyakinan (belief) seseorang untuk menerima dan menggunakan sebuah teknologi baru. Jika kedua faktor tersebut tidak terpenuhi, niscaya akan sulit bagi operator 3G untuk mengharap kesuksesan layanan 3G.


KESULITAN IMPLEMENTASIKAN 3G DI INDONESIA
Device
• Harga masih mahal. Jika harga sudah mencapai Rp 1,5 juta baru akan terjadi “tipping point” dimana layanan akan diserbu pengguna.
• Batere handset 3G saat ini masih cepat habis.
• Menu, aplikasi, dan software yang ada di handset 3G saat ini masih sulit dipersonalisasi dan kurang user friendly. Yang ada saat ini sepertinya hanya memindahkan menu yang ada di handset GSM saja.
• Layar masih belum nyaman untuk beberapa aplikasi
Aplikasi
• Aplikasi tidak tersedia dalam handset sehingga harus dipasang dahulu. Hal ini bisa menjadi ganjalan untuk pengguna yang tidak terlalu paham masalah teknis.
• Content masih sangat terbatas dan belum memenuhi kebutuhan komunitas / kultur.
• Kebanyakan aplikasi masih terpengaruh dengan layanan GSM
People
• Nampaknya harus ada segmentasi (usia, genre).
Pricing
• Diperkirakan adalah Rp 5000,-/download.
• Bisa juga dilakukan dengan bundling.
• Bisa juga bergantung kepada jenis musik (genre). Dengan kata lain ada subsidi silang.
Partnership
• Sebaiknya ada one stop partner sehingga memudahkan operator
• Ada banyak ide-ide lain

Secara evolusioner
Standar IMT-2000 menerapkan 2 macam evolusi ke 3G, yaitu:
1. Dari 2G CDMA standard IS-95 (cdmaOne) ke IMT-SC (cdma2000).
2. Dari 2G TDMA standars (GSM/IS-136) ke IMT-SC (EDGE).
Ini adalah standar IMT-2000 yang memerlukan alokasi spektrum yang baru, sebagai contoh IMT-DS (W-CDMA) karena saluran yang diperlukan cukup luas (5MHz), dan TMT-TC (TD-SCDMA/UTRA TDD) ditambah dengan IMT-FT (DECT) karena memerlukan frekuensi TDD.




SALAH PAHAM TENTANG 3G
Berikut ini ada beberapa pemahaman yang salah tentang 3G di dalam masyarakat umum:
1. Layanan 3G tidak bisa tanpa ada cakupan layanan 3G dari operator. Hanya membeli sebuah handset 3G, tidak berarti bahwa layanan 3G dapat dinikmati. Handset dapat secara otomatis pindah ke jaringan 3G bila, pelanggan tidak menerima cakupan 3G. Sehingga bila seseorang sedang bergerak dan menggunakan layanan video call, kemudian terpaksa berpindah ke jaringan 2G, maka layanan video call akan putus.
2. Layanan 3G berada pada frekuensi 1.900 Mhz. ITU-T memang mendefinisikan layanan 3G untuk GSM pada frekuensi 1.900 Mhz dengan lebar pita sebesar 60 Mhz. Namun, pada umumnya, teknologi berbasis CDMA2000 menggunakan spektrum di frekuensi 800 Mhz, atau yang biasa dikenal sebagai spektrum PCS (Personal Communication System).

CONTOH 3G
Aktivasi 3G lewat sms

  • Telkomsel. Ketik :3G, Kirim ke 3636
  • Indosat (Matirx). Ketik :Reg 3G, Kirim ke 777
  • proXL. Ketik : GPRS, Kirim ke 9667

Begitulah, beberapa penjelasan singkat tentang 3G. semoga artikel ini dapat memberikan wawasan pada semua yang membacanya. ^_^

SUMBER:

• http://id.wikipedia.org/wiki/3G
• http://staff.blog.ui.ac.id/harryyadin.mahardika/archives/5
• http://www.wikinvest.com/concept/3G
• http://rahard.wordpress.com/2006/02/25/kesulitan-implementasi-3g-di-indonesia/
• http://pc24.co.id/catalogue/category129_1.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Pengikut